Monday, February 1, 2010

3 Cara Mengalahkan Pesaing

Persaingan dalam bisnis ritel adalah keniscayaan. Anda tidak dapat mengendalikan pesaing, namun Anda dapat meminimalkan dampaknya terhadap bisnis Anda. 


Berikut adalah tiga cara untuk mengatasi persaingan.


1. Kurangi Biaya, Bukan Iklan
Perhatikan laporan Laba-Rugi Anda. Rinci semua pengeluaran, dan tanyakan bagaimana pengeluaran dapat dieliminir atau dikurangi. Sedikit penghematan di sana- sini akan menjadi bukit. Namun, JANGAN  mengurangi pengeluaran iklan! Sebaliknya, di saat- saat sepi, pengusaha retail akan meningkatkan upaya pemasaran mereka, karena ada persaingan lebih keras, dan uang konsumen lebih sedikit.

2. Kreatif
Bisnis yang sejenis umumnya menggunakan metode pemasaran yang serupa untuk meraih pelanggan. Sekarang waktunya untuk kreatif. Gunakan metode pemasaran yang tidak konvensional agar bisnis Anda tampil beda dari pesaing. Kampanye pemasaran yang unik akan lebih menarik perhatian, dan mmebuka lebih lahan penjualan yang lebih luas. Cari ceruk pasar yang terabaikan. Jika menemukan ceruk pasar, Anda dapat mendominasinya dengan sedikit pesaing bakan tanpa pesaing.

3. Beri Layanan Ekstra untuk Pelanggan
Dengan bekerja ekstra dalam pelayanan  terbaik, Anda akan unggul dalam persaingan. Buatlah pengalaman belanja di toko Anda sedemikian berkesan, sehingga pelanggan tidak sabar untuk datang kembali, atau untuk memberitahu teman-teman mereka. Orang suka belanja di mana mereka merasa nyaman, dan di mana mereka merasa pemilik benar-benar peduli tentang keinginan dan kebutuhan mereka.

1 comment: