Wednesday, July 1, 2009

10 Tips Memulai Bisnis

1. Lakukan apa yang Anda cintai.
Anda akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk memulai bisnis dan membangunnya menjadi perusahaan yang sukses. Jadi sangat penting untuk Anda benar-benar menikmati apa yang Anda lakukan, apakah itu menjahit, membuat tembikar, atau memberikan nasehat keuangan. Kecintaan terhadap bisnis juga akan membuat Anda tangguh dan bertahan di saat- saat sulit.
2. Mulailah bisnis anda ketika anda masih bekerja .
Berapa lama orang bertahan hidup tanpa uang? Tidak lama. Mungkin perlu waktu lama sebelum bisnis Anda benar-benar mencetak laba. Memiliki pekerjaan saat sedang memulai sebuah bisnis berarti keamanan finansial saat Anda berproses memulai bisnis. Namun jangan lupa, bahwa saat itu Anda memiliki dua komitmen profesional, pada bisnis, dan pada pekerjaan.

3. Jangan memulai sendirian.
Anda membutuhkan pendukung saat Anda memulai bisnis. Seorang anggota keluarga atau teman yang dapat memberi ide, tempat berdiskusi, menemani dan menoong di saat sulit. Carilah mentor, misalnya pebisnis senior, atau pemasok senior. Ketika Anda memulai suatu bisnis, dengarlah nasihat orang berpengalaman.

4. Dapatkan klien atau pelanggan pertama.
Jangan tunggu sampai Anda telah secara resmi membuka bisnis Anda. Apakah jaringan tersebut. Hubungilah prospek, juallah produk atau jasa Anda. Pemasaran harus dilakukan sesegera mungkin.

5. Tulis rencana bisnis .
Rencana bisnis akan menyelamatkan waktu dan uang Anda dari ide bisnis yang konyol. Anda tidak harus menulis rencana bisnis skala penuh untuk setiap ide bisnis yg datang. Beberapa metode dapat memberi pengujian potensi bisnis Anda dengan cepat.
6. Lakukan penelitian.
Terkait dengan rencana bisnis, Anda akan melakukan banyak penelitian. Ketika Anda berbisnis, Anda harus menjadi ahli pada produk, industri dan jasa Anda. Bergabunglah dengan industri atau asosiasi terkait, sebelum Anda memulai bisnis.

7. Dapatkan bantuan profesional.
Di sisi lain, Anda tidak harus menjadi ahli dalam semua hal. Jika bukan seorang akuntan atau ahli pembukuan, Anda dapat menyewa jasa mereka. Jika perlu menulis kontrak, gunakan jasa pengacara. Anda akan membuang waktu dan uang jika mencoba melakukan semua hal sendiri, karena Anda tidak memiliki kealian untuk itu.

8. Cukupkan modal.
Miliki tabungan yang cukup. Dekati investor potensial dan pemberi pinjaman. Jangan berharap untuk masuk ke bank dan mendapatkan uang. Pemberi pinjaman biasanya tidak suka ide baru dan tidak suka bisnis tanpa track record.

9. Tampil profesional.
Biarkan orang tahu bahwa Anda seorang profesional, yang menjalankan bisnis serius. Gunakan semua perlengkapan profesional seperti kartu nama, telepon bisnis, alamat email bisnis, dan hargai orang dengan sopan, secara profesional.

10. Luruskan masalah legalitas dan pajak.
Akan jauh lebih sulit dan mahal untuk memperbaiki keadaan yang berantakan di kemudian hari. Apakah bisnis Anda harus terdaftar? Apakah Anda perlu ijin khusus? Apakah harus memiliki Jamsostek? atau berurusan dengan pajak penghasilan? Bagaimanapengaruhnya terhadap pajak pendapatan Anda? Pelajari apa tanggungjawab hukum dan pajak, sebelum memulai bisnis Anda.

1 comment:

  1. terimakasih atas tips sukses berbisnis yang dibagi dalam artikel ini.. sangat bermanfaat...
    Aplikasi Pencatat Hutang

    ReplyDelete