Tuesday, December 1, 2009

Panduan Sukses Wawancara

Anda mendapat kesempatan wawancara kerja! Bagaimana persiapannya? Berikut adalah tips dan strategi  wawancara, dari persiapan hingga prakteknya.

Belajar dan Latihan
Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan pewawancara (termasuk persyaratan kerja untuk posisi yag diinginkan), agar wawancara lebih interaktif, dan Anda dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya, latihanlah wawancara (bersama rekan atau sendiri di depan cermin), sehingga Anda siap dan nyaman selama wawancara yang sebenarnya. Rencanakan apa akan Anda kenakan. Pastikan juga rute yang efektif sehingga Anda dapat tiba lebih cepat dari jadwal.

Pelajari Teknik Wawancara
Perlu bantuan lagi? Baca dan praktekkan teknik wawancara di bagian lain situ ini, terutama tentang Behavioural Interview.

Pelajari Latar Belakang
Kumpulkan informasi mengenai latar belakang persahaan. Kunjungi situs webnya, berita terakhir tentang perusahaan, dan mintalah rincian tentang posisi yang Anda inginkan.

Hindari Kesalahan 
Ingin menghindari kesalahan wawancara? Baca dan pelajari artikel Kesalahan Wawancara 

Gaji
Buatlah survei gaji untuk posisi yang Anda inginkan, juga norma gaji yang berlaku di persahaan. Data ini memberi informasi yang Anda butuhkan untuk membicarakan soal gaji. Baca juga artikel Tips untuk Negosiasi Gaji.

Latihan
Berlatihlah dengan teman dan rekamlah respon Anda, ulangi berkali- kali dan lihat seberapa baik Anda melakukannya. Siapkan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan pewawancara . Analisalah latar belakang dan persyaratan untuk posisi itu.

Selamat mencoba dan latihan!

No comments:

Post a Comment