Monday, March 1, 2010

Tataletak Terbaik untuk Toko Saya

Tataletak dalam bisnis ritel sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang. Tataletak berdampak pada efisiensi, penjualan dan keberhasilan usaha Anda. Perbaikan tataletak toko dapat mengubah toko berkinerja buruk menjadi sukses. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Sebelum mulai mempertimbangkan tata letak ideal toko Anda, Anda perlu memahami:
  • Produk apa yang menarik orang ke toko Anda?
  • Produk apa yang memberikan keuntungan terbaik untuk bisnis Anda?
  • Produk apa yang mendefinisikan bisnis Anda?
  • Apakah produk Anda bersifat musiman?
Jawaban atas pertanyaan ini sangat penting untuk dipertimbangkan ketika membuat rencana tataletak. Tata letak akan memudahkan Anda untuk mengarahkan pegunjung untuk membeli dan ingin kembali.

1 - GUNAKAN PERALATAN YANG TEPAT
Kunci tataletak yang baik adalah fleksibilitas. Penting bagi Anda untuk dapat dengan mudah mengubah tata letak toko tanpa harus mengeluarkan dana tambahan pada peralatan baru. Gunakan peralatan yang dapat dengan mudah dipindahkan dan diubah - untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

2 - TATALETAK HARUS BERCERITA
Ketika merencanakan tataletak, berceritalah pada pengunjung. Bawa mereka dalam petualangan. Dari etalase, bawa mereka masuk ke dalam bisnis Anda, sehingga pengetahuan mereka tentang Anda, dan apa yang Anda tawarkan, bisa berkembang sepanjang perjalanan di toko.

3 - TUNJUKKAN PENGUNJUNG APA YANG HARUS DIBELI
Tata letak yang baik tidak sekedar menempatkan produk di rak-rak. Tunjukkanlah apa yang harus dibeli, serta alasannya. Tunjukkan bagaimana produk digunakan. Tunjukkan manfaat produk pada mereka. Buatlah produk yang menarik sehingga mereka memutuskan untuk membeli.
Produk terbaik untuk dipamerkan perlu ditempatkan di bagian yang lebih luas.

4 - CIPTAKAN LANTAI DANSA
Setiap toko membutuhkan lantai dansa. ruang di depan counter dapat dengan mudah dikonfigurasi ulang untuk produk baru atau produk khusus. Lantai dansa perlu dirubah setiap minggu, menyajikan wajah segar bagi Toko Anda. Inilah lokasi terbaik mencari keuntungan dari pembeli impulsif.

5 - GUNAKAN KETINGGIAN
Gunakan dinding dan langit-langit untuk memamerkan produk atau, jika sesuai, untuk menciptakan latar belakang bagi produk Anda, sehingga menjadi fokus pandangan.

6 - PAHAMI ALIRAN PENGUNJUNG
Telitilah bagaimana pengunjung bergerak. Bisnis berbeda, akan mengakibatkan pola aliran pengunjung yg berbeda pula. Jangan sampai tataletak memutuskan aliran ini. Luangkan waktu untuk mendapatkan tata letak yang tepat. Mintalah pendapat orang lain. Kunjungi toko sejenis sebanyak- banyaknya. Buat model dan kerjakan terus-menerus sampai Anda benar-benar puas dengan tata letak Toko Anda.

No comments:

Post a Comment