Monday, November 1, 2010

Desain Toko untuk Mengurangi Pengutil

Pencurian Internal (oleh karyawan) adalah sumber terbesar kejahatan Toko. Cara termudah untuk mencegah pencurian di toko adalah dengan menghilangkan peluang untuk mencuri. Tata letak dan desain toko dapat mencegah pencurian sebelum kerugian terjadi.

Berikut Caranya:

  • Keluar Masuk Toko: Rancang tataletak sehingga pelanggan harus melewati area staf atau area kasir untuk keluar toko. Jangan pernah meninggalkan kasir tak terkunci atau tanpa pengawasan. Jangan menampilkan barang dagangan dekat pintu keluar toko.
  • Rapih dan Bersih: Jaga toko selalu rapi dan teratur. Tunjukkan kedisiplinan, luruskan rak, sehingga karyawan dapat mengetahui dengan cepat jika ada sesuatu yang hilang.
  • Pandangan ke Segala Arah: Gunakan cermin untuk menghilangkan zona- zona tak terlihat (blind spots) di sudut-sudut yang dapat menyembunyikan pengutil. Beri pencahayaan yang memadai di semua area toko, atur fitting dan display yang rendah agar pandangan lebih baik.
  • Kunci dan Amankan: Taruh barang- barang kecil, barang-barang mahal di lemari yang terkunci, atau di belakang meja counter. Awasi kamar kecil dan kamar ganti setiap saat. Kamar ganti harus terkunci, dan batasi jumlah item yang boleh dicoba. Gunakan bel otomatis di pintu. Blokir gang yang tidak terpakai.
  • Signage: Gunakan papan pengumuman dan poster untuk memperkuat pesan-pesan keamanan. Tempelkan tanda anti-mengutil, seperti, 'Pengutil Akan Ditindak' atau 'Pencurian Akan Dilaporkan ke Polisi' di lokasi strategis.
  • Peralatan Keamanan: Gunakan peralatan keamanan seperti CCTV, secure tag, dan cermin searah cermin. Sekuriti berseragam juga pencegah visual yang kuat untuk menakuti pengutil.

No comments:

Post a Comment